Kamis, 27 November 2008

Manajemen Keuangan

Bagi yang belum pernah merasakan hidup mandiri, terpisah - baik geografis maupun finansial - dari orang tua, mungkin tidak pernah merasakan sulitnya mengatur keuangan. Tapi, mereka yang sudah tidak menengadahkan tangan lagi kepada orang tua, dan hidup dari hasil keringat sendiri, pasti pernah merasakan pusingnya mengatur keuangan pribadi.

Tidak pernah ada kata cukup apalagi berlebih dalam hal keuangan, sebesar apapun penghasilan Anda. Pasalnya, semakin besar penghasilan seseorang, maka pengeluarannya pun semakin besar. Untuk menyiasati hal tersebut, agar hidup tidak dikejar-kejar utang, mau tidak mau Anda harus menerapkan manajemen keuangan pribadi.

Anda tidak perlu menjadi ahli akuntansi atau menyewa jasa akuntan. Tapi, cukup dengan membuka account di website mint.com , dan meng-upload informasi keuangan di sana, Anda sudah memiliki Akuntan pribadi. Selanjutnya, tinggal mengikuti nasehat akuntan online pribadi Anda, kapan harus mengambil kredit, berapa persen dari pendapatan yang harus ditabung, dan sebagainya.

1 komentar:

anantokotua mengatakan...

cocok untuk saya nih, soalnya biasanya tanggal 20-an sudah mondar-mandir cari debitor (seandainya ente ada di dekatku, mungkin ente salah satunya,hehehe)

Tapi akuntan terbaik menurutku adalah pasangan hidup kita, betul...

Posting Komentar