Selasa, 18 November 2008

Menghitung Pemakaian Daya

Suatu hal yang kita semua sudah tahu, bahwa komputer menyedot energi yang cukup besar setiap bulannya. Tetapi, apakah Anda benar-benar tahu berapa besar daya yang disedot komputer setiap menyala, dan berapa besar biaya yang harus Anda bayar ?

Mengetahui Daya yang Dipakai

Sebelum kita melakukan proses hitung menghitung, pertama-tama kita harus mengetahui dulu berapa daya yang disedot oleh komputer. Untk melakukan hal ini, Anda memerlukan sebuah perangkat khusus bernama Plug-in Power Monitor.

Perangkat ini bisa secara langsung dan akurat menampilkan berapa daya atau energi yang disedot oleh sebuah perangkat elektronik baik itu dalam satuan Volt, Ampere, Watt, dan Hz.

Untuk PC yang memakai spesifikasi AMD Sempron LE-1150 2 GHz, RAM 1GB DDR 2, Vide Card GeForce 7050 PC onboard, harddisk SATA 160 GB, DVD ROM, dan 1 buah fan, setelah diukur dengan menggunakan perangkat tersebut, menyedot daya sebesar 56 Watt dalam keadaan Idle.

Bagaimana bila tidak mempunyai perangkat seperti Plug-In Power MOnitor itu ? Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi, serpti LocalCooling atau eXtreme Power Supply Calculator Lite v2.5. Berikut adalah cara penggunaannya:

1. Download LocalCooling di www.localcooling.com dengan file berukuran 3,91 MB.

2. Install seperti biasa dan jalankan.

3. Klik setting, dan pilih tab My Power. Di situ akan ditampilkan perkiraan daya yang dipakai oleh PC.

Masih dengan spesifikasi komputer yang sudah disebutkan tadi Local Cooling menyebuatkan daya yang disedot adalah sekitar 127 watt.

Menghitung Biaya

Setelah mengetahui berapa daya yang disedot oleh komputer Anda, kini waktunya menghitung biaya bulanan yang harus dibayar. Contoh skenarionya adalah komputer yang dipakai menyedot daya 56 watt, dipakai selama 10 jam per hari selama 30 hari. Bagaimana cara menghitungnya?

* 10 jam perhari x 30 hari = 300 jam

* 300 jam x 56 watt = 16.800 watt hour

* 1 kilowatt sama dengan 1000 watt

* 16.800watt hour/1000 watt = 16,8 kilowatt hour

Setelah nilai KWh-nya didapat, buka website http://tinyurl.com/5qkpx2. Di situ, PLN menyediakan simulasi tagihan rekening listrik.

1. Pilih golongan Tarif - Daya yang dipakai di rumah Anda.

2. Masukkan nilai pemakaian KWh-nya, lalu klik Hitung

3. Kemudian akan ditampilkan jumlah tagihan yang harus Anda bayar tiap bulan dengan sekenario yang tadi.

Tapi ingat, perhitungan tadi hanya sekedar perkiaraan bukan nilai pasti. Karena ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi perhitungan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar