Sabtu, 22 November 2008

PageRank

Salah satu elemen yang menentukan peringkat sebuah halaman web di search engine (khusus google) adalah PageRank (PR). Semakin tinggi PR sebuah halaman, semakin atas link halaman tersebut akan ditampilkan pada hasil pencarian google.

PageRank adalah algoritma analisis link milik Google yang memberikan bobot numerik (skor) pada setiap WWW yang memiliki hyperlink (baik link masuk ataupun keluar). Nilai PageRank tersebut menentukan derajat kepentingan atau relevansi sebuah halaman web dalam hubungannya dengan halaman web lainnya. PageRank menginterpretasikan sebuah link dari halaman A ke halaman B sebagai suara (vote), dari halaman A, untuk halaman B.

Lebih dalam lagi, Google tidak hanya menghitung jumlah vote yang didapatkan oleh sebuah halaman web; ia juga menganalisis sebuah halaman web yang memberikan vote. Vote yang diberikan oleh halaman-halaman web yang juga "penting" akan memiliki bobot lebih berat, dan membantu halaman yang menerimanya menjadi ikut "penting". Dengan kata lain, vote yang diberikan oleh halaman web yang tidak penting tidak akan membantuk dalam menaikkan peringkat PageRank halaman yang menerimannya.

Nilai PageRank dari sebuah halaman web didefinisikan secara berulang (rekursif), bergantung pada jumlah, dan botbot seluruh halaman web yang merujuk padanya (inbound link). Sebuah halaman web yang mendapatkan link masuk dari banyak web lainnya dengan PageRank yang tinggi akan turut mendapatkan skor yang tinggi. Bila sebuah halaman web tidak mendapatkan link masuk, maka tidak ada suara atau dukungan untuk halaman web tersebut.

Google memberikan bobot numerk dari 0 sampai 10 untuk setiap halaman web yang ada di www, peringkat PageRank ini menunjukkan seberapa penting sebuah halaman di mata google. Sebuah halaman yang memiliki nilai PageRank 8 akan diurutkan lebih dahulu dalam daftar hasil pencarian Google dari pada halaman web dengan nilai PageRank 7, dan seterusnya yang lebih kecil.

0 komentar:

Posting Komentar