Jumat, 31 Oktober 2008

Milis Beasiswa

Anda pernah membaca novel Best Seler "Laskar Pelangi" Karya Andrea Hirata? Di sana diceritakan bagaiamana perjuangan kelompok siswa berprestasi, yang berada jauh dari jangkauan penilik pendidikan dari ibu kota, berjuang untuk mendapatkan pendidikan terbaik bagi mereka. Bagian tragis dari novel tersebut adalah saat seorang siswa terbaik yang harus putus sekolah lantaran tidak ada biaya, dan harus menanggung perekonomian keluarganya.

Tidak dapat dipungikiri, keterbatasan biaya adalah salah satu monster pembunuh cita-cita seorang pelajar berprestasi di negara-negara berkembang , seperti Indonesia. Akibat kendala biaya pula, tidak sedikit aset bangsa yang seharusnya dijaga dengan baik oleh negara harus hengkang dari tanah air karena mendapatkan perhatian yang lebih, justru dari negara lain yang lebih maju.

Satu-satunya jalan yang dapat ditempuh oleh negara untuk menyelematkan aset negara tersebut adalah dengan memberikan mereka beasiswa, serta tunjangan hidup yang memadai selama mereka menjalani pendidikan. Kalaupun negara tidak mampu, negara masih dapat mengundang negara lain atau institusi swasta untuk menyelenggarakan program beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa berprestasi.

Di era teknlogi informasi seperti sekarang, informasi beasiswa dapat dengan mudah kita temukan di jagad maya. Salah satunya di www.milisbeasiswa.com. Namanya milis beasiswa, tapi ini bukan mailing list, melainkan website yang berisi informasi beasiswa dalam dan luar negeri untuk para pelajar dan mahasiswa indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar