Senin, 08 Desember 2008

Sigap Menghadapi Malware


Tidak ada cara yang pasti untuk mengidentifikasi bahwa suatu komputer telah terinfeksi malware. Gejalanya bisa saja file yang hilang, komputer restart terus-terusan, pokoknya komputer tidak berjalan dengan normal.

Andai saja komputer Anda sudah diinstali AntiVirus, maka Antivirus tersebut dapat mengenali adanya malware, dan bisa saja secara otomatis antivirus membersihkannya. Tetapi, jka komputer tidak dilengkapi antivirus, harus ada langkah-langkah tertentu untuk membersihkan virus.

Kalau Terinfeksi

Kalo kompie Anda di kantor terkena malware, buruan ke bagian TI - kalo ada. Paling gak, mereka bisa menyelidiki dan membersihkan komputer yang terinfeksi, serta mencegah penyebaran ke komputer lain yang ada di jaringan.

Kalo komputer di rumah mu yang terinfeksi, segera putuskan koneksi internet. Dengan begitu, Anda dapat mencegah pencurian data pribadi via internet. Tujuan lainnya adalah aga kompie Anda tidak digunakan pemilik malware untuk melakukan serangan ke kompie lain.

Scan kompie mu dengan antivirus, tentu saja antivirusnya sudah ter-update. Kalo komputer belum dilengkapi antivirus, install secetpatnya dan segera lakukan update.

Kalo antivirus yang telah ter-update juga tidak dapat membersihkan malware, kamu sebaiknya menginstaal ulang sistem operasi. Ingat! Lakukan back up terhadap data sebelum melakukan install ulang.

Pencegahan'

Orang yang komputernya pernah terserang malware tahu bagaimana repotnya urusan bersih-bersih. Waktu, data, bahkan uang bisa melayang. Berikut adalah beberapa saran yang dapat digunakan untuk mencegah infeksi malware pada komputer mu :

* Gunakan dan selalu update antivirus. Dengan adanya antivirus yang yang terupdate, malware baru dapat dikenali.

* Ubah password. Malware mungkin sudah tahu password mu. Sebaiknya password diubah secara berkala. Pasword apa saja? Macam-macam, baik akun windows, e-mail, dan lain-lain.

* Update piranti-piranti lunak, apalagi sistem operasi, akan menutup celah keamanan. Celah yang tadinya bisa digunakan malware untuk masuk bisa ditambal. Pada saat ini, kebanyakan sistem operasi, juga peranti lunak lain, telah menyediakan fasilitas update secara otomatis.

* Install dan aktifkan firewall. Firewal bisa mencegah serangan beberapa malware yang mencoba menyerang komputer mu. Saat ini juga sudah banyak sistem operasi yang telah mengikut sertakan firewall. Aktifkan saja.

* Gunakan Anti Spywrae. Spyware yang merupakan turunan dari adware, yang memantau kebiasaan pengguna dalam melakukan penjelajahan internet dan umumnya bisa berupa virus.

* Backup file ke media lain seperti CD, DVD, atau HD Eskternal sehingga data mu gak akan terganggu meskipun komputer terserang malware.


0 komentar:

Posting Komentar